23 Juli, Hari Anak Nasional


Anak adalah calon generasi pengganti para pemimpin saat ini. Anak juga adalah aset pembangunan bangsa. Setelah beranjak menjadi remaja kemudian dewasa, ia akan menjadi tulang punggung di keluarganya, baik menjadi seorang ibu maupun seorang ayah. Momentum hari anak nasional yang setiap tahunnya diperingati, seharusnya digunakan untuk membuat langkah-langkah nyata perbaikan nasib anak Indonesia, karena masih banyak anak Indonesia yang tinggal di kolong jembatan.

Masih banyak anak Indonesia yang tidak bisa bersekolah karena tidak ada biaya, masih banyak anak Indonesia yang harus bekerja banting tulang untuk membantu orang tuanya yang tidak mampu, masih banyak anak Indonesia yang menjadi korban eksploitasi seksual dan eksploitasi lainnya yang menyebabkan masa depannya menjadi terancam.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi pernah mengungkapkan, saat ini masih banyak anak Indonesia yang belum mengenyam pendidikan. Faktor utamanya adalah kesulitan ekonomi dan tingginya biaya pendidikan. Menurut beliau, maraknya komersialisasi pendidikan salah satunya adalah akibat paradigma orang tua yang keliru dalam memandang pendidikan. "Seolah-olah sekolah yang mahal sudah pasti bagus".

Berdasarkan catatan Komnas PA, pada tahun 2004 sebanyak 283.990 dari 21.678.643 anak buta aksara. Sedangkan persentase anak yang tidak memperoleh pendidikan sebanyak 5,50 persen untuk SMP, 67,68 persen SLTA, dan 72,65 persen untuk pendidikan anak usia dini.

Adapun data anak yang putus sekolah pada 2002 dari SD-SLTA berturut-turut 1,45 persen, 2,27 persen dan 2,48 persen. Belum lagi, anak yang berada di daerah konflik dan dalam perlindungan khusus.

Oleh karena itu, peringatan hari anak nasional seharusnya tidak hanya menjadi sebuah peringatan saja. Melainkan seharusnya menjadi bahan introspeksi pemerintah, instansi terkait dan menjadi perhatian seluruh warga Indonesia agar anak Indonesia menjadi anak yang tidak cengeng, mandiri, baik dan berkualitas sehingga nantinya bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

sumber : e-SmartSchool.com


0 komentar:


ShoutMix chat widget

Pengikut